Minggu, 11 April 2010

Al-Mabaadi Al-Mufidah fit-Tauhidi wal-Fiqih wal-Aqidah (Bag 6)

TEMPAT PERTAMA MENUJU KEHIDUPAN YANG ABADI
Al-Allamah Asy-Syaikh Yahya bin Ali Al-Hajuri hafizhullah berkata :
[32] Jika seseorang bertanya kepadamu; “Dimanakah tempat persinggahan yang pertama menuju ke akhirat?”

Katakanlah: Tempat persinggahan yang pertama ke akhirat adalah kubur.
Dalilnya adalah hadits Utsman bin Affan Radhiyallahu’anhu yang meriwayatkan bahwa Nabi Shallallahu’alaihi wa Sallam bersabda: “Sesungguhnya kubur adalah tempat pertama ke di akhirat. Maka seseorang yang diselamatkan darinya, maka apa yang datang setelahnya lebih mudah. Dan jika dia tidak selamat darinya, maka apa yang datang setelahnya jauh lebih buruk.” (HR Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad dengan derajat Hasan).

- o O o -

AZAB KUBUR DAN NIKMAT KUBUR ADALAH BENAR ADA NYA
[33] Jika seseorang bertanya kepadamu; “Apa keyakinanmu terhadap azab dan nikmat kubur?”

Katakanlah: “Saya meyakini bahwa itu adalah benar bagi siapa yang patut mendapatkannya. Dalilnya adalah hadits Aisyah Radhiyallahu’anha dimana dia bertanya kepada Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam mengenai azab kubur, maka beliau bersabda: “Siksa kubur adalah benar.” (Mutafaq alaih, dengan lafazh Bukhari)

Aisyah Radhiyallahu’anhu juga meriwayatkan: “Nabi akan memohon perlindungan Allah dari fitnah kubur, azab kubur, dan fitnah Dajjal” (Mutafaq alaih)

Hadits ini menegaskan adanya siksa kubur, fitnah kubur, dan fitnah al-Masih Dajjal.

Diantara dalil-dalil adanya nikmat kubur adalah hadits Al-Bara’ Radhiyallahu’anhu dimana Nabi Shallallahu’alaihi wa Sallam bersabda: “Bagi orang-orang Mu’min akan dikatakan, ‘Kenakanlah dia (dengan pakaian) surga dan bukakanlah baginya pintu surga sehingga wangi dan angin surga dapat mencapainya.”

- o O o -

(Saya Prima) berkata : Sebagian orang ada yang menolak ada nya azab kubur, mereka berkata ”Manusia ketika dimasukkan kedalam kubur, tidak di azab dan tidak di apa – apakan. Mereka hanya menunggu sampai hari kiamat. Kan amalan nya belum di hisab.”

Wahai saudara ku, Berhati – hatilah terhadap orang – orang seperti ini. Mereka menolak azab kubur. Padahal begitu banyak ayat al-Quran dan Hadits Rasulullah yang menerangkan ada nya azab kubur. (Insya’Allah akan dibahas pada tempat nya nanti).

Maka dari itu, salah satu keyakinan yang wajib diyakini oleh seorang Muslim, adalah meyakini bahwa Azab Kubur dan Nikmat Kubur adalah Benar ada nya (Haq). Siapa yang mengatakan tidak ada azab kubur, maka dia telah tersesat dari aqidah yang benar.

Dan inilah keyakinan sebagian firqah (kelompok) yang dahulu maupun kelompok yang ada sekarang dari kalangan kaum pergerakan dan yang semisalnya. Maka berhati – hatilah, karena mereka tersebar di negara ini. Kalau saya mau pastilah saya sebutkan kelompok mereka. Alhamdulillah, para Ulama Dunia, telah membongkar kedok mereka. Silahkan teman – teman lihat didalam beberapa tulisan ulama tentang bantahan terhadap kelompok itu. Semoga Allah melindungi kita dari kesesatan mereka dan memberikan kita hidayah untuk tetap istiqamah diatas islam ini. Islam nya Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam, islam nya para Sahabat (semoga Allah meridhai mereka semua). Hati – hatilah.



HARI BANGKIT, HISAB, CATATAN AMAL ADALAH BENAR ADA NYA
[34] Jika seseorang bertanya kepadamu; “Apa yang engkau yakini mengenai orang-orang yang akan dibangkitkan, diadili, dan diberikan buku catatan amalnya?”

Katakanlah: Saya meyakini bahwa semuanya adalah benar.
Dalilnya adalah firman Allah:
“Orang-orang yang kafir mengatakan, bahwa mereka sekali-kali tidak akan dibangkitkan. Katakanlah: "Tidak demikian, demi Tuhanku, benar-benar kamu akan dibangkitkan, kemudian akan diberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan". Yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.”

Dan Allah berfirman:
“Adapun orang yang diberikan kitabnya dari sebelah kanannya, maka dia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah, dan dia akan kembali kepada kaumnya (yang sama-sama beriman) dengan gembira. Adapun orang yang diberikan kitabnya dari belakang, maka dia akan berteriak: "Celakalah aku". Dan dia akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka).” (QS Al-Insyiqaq
[84] : 7-12)

- o O o -

Demikian penjelasan Syaikh Yahya hafizhullah. Dari penjelasan beliau diatas maka dapat kita ambil pelajaran sebagai berikut :
1. Mengolok – olok ajaran Islam, baik itu seluruhnya atau salah satunya adalah kekufuran yang mengeluarkan seseorang dari Islam.

2. Tempat orang beriman dan beramal shaleh adalah Surga yang tinggi dengan segala kenikmatan yang ada didalam nya. Sedangkan tempat orang kafir adalah Neraka dengan segala siksaan nya. Semoga Allah memasukkan kita kedalam surga-Nya dan melindungi kita dari neraka.

3. Tempat Persinggahan ada tiga yakni Kehidupan dunia yang akan berakhir. Kehidupan Alam Barzakh (alam kubur -pent). Dan Kehidupan Terakhir (Akhirat).

4. Tempat pertama menuju Negeri Akhirat adalah Alam Barzakh (Alam Kubur)

5. Azab Kubur dan Nikmat Kubur adalah Benar ada nya. Siapa yang mengingkari nya maka dia telah tersesat dengan kesesatan yang jauh.

6. Hari Bangkit setelah mati, Hari Hisab, Buku Catatan Amal adalah Benar ada nya. Mengimani nya adalah kewajiban dan mengingkarinya adalah kesesatan.

Demikianlah apa yang dapat kami sampaikan kepada pembaca yang mulia, semoga Allah memberikan ilmu yang bermanfaat bagi anda yang membaca dan mengamalkan nya. Dan menjadi amal shaleh bagi kami.


PEMBAHASAN YANG AKAN DATANG

Insya’Allah bersambung ke pertanyaan yang ke 35 yakni ”MELIHAT ALLAH DI AKHIRAT” dan seterusnya.


Bukittinggi (Padang), Senin : 5 April 2010

Prima Saputra bin Firdaus Ar-Arani

Semoga Allah mengampuni dosa kami, kedua orangtua kami, keluarga kami dan kaum muslimin seluruh nya.

Kalau ada salah ketik atau ketinggalan huruf nya kami mohon maaf. Dan mohon diberitahukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar